laporan Peraktikum Web (pertemuan 2)

Variabel


pada praktikum kemarin membahas tentang variabel.

Variabel merupakan suatu bagian yang sangat penting sekali dalam bahasa pemrograman. Variabel digunakan pada semua bahasa pemrograman termasuk juga PHP dan juga Hampir semua program atau script yang telah dibuat oleh para programer menggunakan variabel kecuali program-program sederhana seperti script pertama pada buku ini yang untuk menampilkan tulisan.

Variabel dapat di artikan sebagai pelabelan atau penamaan suatu nilai yang dapat berupa angka ataupun string.

Sekarang saya akan membuat contoh variabel sederhana dari praktikum kemarin...


Variabel.

tulis source code seperti berikut:

<?php

// VARIABEL

$tanggal = date ("d F Y");

$nama = "_NiGhTmArE_";

?>



<html>

<head><title>_NiGhTmArE_ mengenal variabel</title>

</head>

<body>

<?php

// variabel digunakan

print ("hari ini tanggal $tanggal<br />");

print ("$nama, selamat menggunakan variabel PHP");

?>

</body>

</html>

setelah selesai, simpan file di hard disk mu.... dah jalankan dengan aplikasi browsermu...


Masukan.

Source codenya ini......


<html>

<head><title>contoh masukan</title></head>

<body>

<form action="keluaran.php" method="post">

nama anda : <br />

<input type="text" name="nama"><br />

kuliah di : <br />

<input type="text" name="kuliah"><br />

<input type="submit"><input type ="reset">

</form>

</body>

</html>

dan buat juga....

keluaran.php.... dengan source codenya....


<html>

<head><title>contoh hasil keluaran</title></head>

<body>

<?php

print ("hai, $_POST[nama]<br />");

print ("kamu kuliah di $_POST[kuliah]");

?>

</body>

</html>


jalankan file masukan.php dan kemudian hasil dari masukan.php akan muncul di file keluaran.php...


segini dulu yach....

tunggu laporan berikutnya......hahaha...

laporan praktikum Grafika (pertemuan 1)

Membuat aplikasi Paint




Ikuti caranya ya.......

IMAGE (segi empat dengan garis putus-putus)

· Klik additional>image kemudian drag pada grid. Akan terbentuk segi empat dengan garis putus-putus. Lebar canvas buka gambar dapat disesuaikan oleh kita.

LABEL (menampilkan teks)

· Klik additional>Static Text (A), kemudian drag ke daerah grid, diluar kanvas atau image yang telah kita buat di langkah pertama.

· Buat static sebanyak dua kali pada layer, yakni Static Text1 dan Static Text2.

· Ganti nama dengan Posisi x dan posisi y, dengan cara mengubah caption pada object inspector

BUTTON (Membuat tombol tekan)

· Klik standard> Button dan drag ke form, lakukan sebanyak tiga kali, sesuai dengan aplikasi yang kita buat.

· Pada form akan tampak Button1, Button2, Button3. Lalu ganti nama button tersebut pada bagian caption dengan Warna, Baru dan Keluar.

DIALOG

· Pada form letakkan MainMenu, OpenPicturesDialogs, SavePictureDialog dan ColorDialog.

· Standard>MainMenu

· Dialogs>OpenPictureDialogs

· Dialogs>SavePictureDialogs

· Dialogs>ColorDialogs

Ikuti source codenya....

#include

#pragma hdrstop

#include “Unit1.h”

#pragma package(smart_init)

#pragma resource “*.dfm”

TForm1 *Form1;

int Tergambar;

__fastcall TForm1::TForm1(TComponent* Owner)

: TForm(Owner)

{

}

void __fastcall TForm1::FormActivate(TObject *Sender)

{

Tergambar=false;

Image1->Canvas->Rectangle(0,0,Image1->Width,Image1->Height);

}

void __fastcall TForm1::Button1Click(TObject *Sender)

{

if (ColorDialog1->Execute())

Image1->Canvas->Pen->Color=ColorDialog1->Color;

}

void __fastcall TForm1::Image1MouseDown(TObject *Sender,

TMouseButton Button, TShiftState Shift, int X, int Y)

{

Tergambar=True;

Image1->Canvas->MoveTo(X,Y);

}

void __fastcall TForm1::BaruClick(TObject *Sender)

{

Tergambar=false;

Image1->Canvas->Rectangle(0,0,

Image1->Width,Image1->Height);

}

void __fastcall TForm1::Image1MouseUp(TObject *Sender, TMouseButton Button,

TShiftState Shift, int X, int Y)

{

Tergambar=false;

}

void __fastcall TForm1::KeluarClick(TObject *Sender)

{

Close();

}

void __fastcall TForm1::Image1MouseMove(TObject *Sender, TShiftState Shift,

int X, int Y)

{

if (Tergambar)

{

Image1->Canvas->LineTo(X,Y);

}

}

void __fastcall TForm1::Open1Click(TObject *Sender)

{

if (OpenPictureDialog1->Execute())

{

Image1->Picture->LoadFromFile(OpenPictureDialog1->FileName);

}

}


Klo sudah di ikuti source codenya....
jalankan programnya....

nah muncul tampilan gini.....



dah dulu,,, tunggu laporan berikutnya.....

Postingan Lebih Baru Postingan Lama Beranda